Pembukaan Pendaftaran Universitas Islam Madinah

Universitas Islam Madinah atau Islamic University Madinah pada tahun ajaran (1441/ 1442 H) akan membuka pendaftaran pada 52 program pasca sarjana yang terdiri dari:

– 4 Program Diploma Tinggi (Lama studi 1 tahun) 

– 30 Program Master (Lama studi 4 tahun) 

– 18 Program Doktoral (Lama studi 5 tahun) 

Mulai tahun ajaran baru ini, UIM akan menerapkan program kuliah berbayar pada jenjang pasca sarjana dengan perincian sebagai berikut:

DOKTORAL (S-3)

– Masa kuliah di kelas (Di mulai dari 1 semester s/d 4 semester) dikenakan biaya SAR 20.000/ Semester. Lamanya masa kuliah di kelas berbeda antara satu jurusan dengan jurusan lainnya. Ada yang hanya 1 semester belajar di kelas, adapula yang 2 semester hingga 4 semester.

– Masa penulisan disertasi s/d akhir (6 hingga 9 semester) dikenakan biaya sebesar SAR 12.000/ Semester.

MASTER (S-2)

– Masa kuliah di kelas (Di mulai dari 2 semester s/d 4 semester) dikenakan biaya SAR 15.000/ Semester. Lamanya masa kuliah di kelas berbeda antara satu jurusan dengan jurusan lainnya. Ada yang hanya 2 semester belajar di kelas dan adapula yang 4 semester.

– Masa penulisan tesis s/d akhir (4 hingga 6 semester) dikenakan biaya sebesar SAR 10.000/ Semester.

DIPLOMA TINGGI (Program 1 tahun) 

– Dikenakan biaya sebesar SAR 10.000/ Semester.

Besaran biaya di atas dikecualikan bagi 30 % peraih nilai tertinggi dalam ujian Master dan Doktoral dari kalangan mahasiswa asing pada tiap-tiap jurusan. Artinya mereka akan dibebaskan biaya 100 %. Adapun selain mereka maka akan dikenakan biaya. Contoh: Bila tiap jurusan menerima 15 mahasiswa, maka 30 % peraih nilai tertinggi yaitu sebanyak 5 mahasiswa asing (kurang lebih) akan dibebaskan biaya kuliah.

Semoga hal ini dapat lebih memacu semangat kompetisi yang sehat bagi adik-adik kelas yang ingin melanjutkan studi mereka di jenjang pasca sarjana. Semoga hal ini juga tidak mengerdilkan serta menyurutkan semangat mereka untuk terus berusaha sebaik mungkin dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Amin.

Nb:

Untuk mengetahui nominal pembiayaan tiap semester dalam mata uang rupiah, silahkan dihitung dengan nilai kurs berikut ini:

SAR 1 (Reyal Saudi) = Rp. 3800 (Kurang lebih). 

Info selanjutnya silahkan kunjungi website UIM ini http://www.iu.edu.sa/news/32230

2 Comments

  1. Assalamualaikum wr wb Admin.

    Ana mau bertanya, mengenai program Magister. Apakah yang lulusan S1 di Indonesia bisa lanjut S2 di UIM. Contoh ana Sarjana Hukum. Ingin lanjut S2 di sana. Alhamdulillah ana bisa berbahasa Aeab dan Alumni salah satu Pondok di Indonesia. Apakah bisa? dan bagaimana caranya?

    • Wa’alaikumusalam wa rohmatullohi wa barokatuhu.

      Setau kami belum pernah ada. Dan salah 1 syarat diterima bea siswa di UIM adalah lulusan S1 UIM yg berkafil (sponsor) UIM, yg kafil luar sudah tidak bisa, kecuali kuliah berbayar mungkin bisa. Mulai tahun depan Pasca di UIM sudah berbayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.