Hari Raya Idul Fitri 1440 H di Arab Saudi Lebih Cepat 1 Hari Dari Indonesia

Diwan Maliky Kerajaan Arab Saudi merilis keputusan yang menyatakan bahwa pada Idul Fitri 1 Syawwal 1440 jatuh pada hari Selasa, bertepatan dengan tanggal 4 Juni 2019.

Badan dan komite terkait yang mengamati hilal bulan Syawal di banyak negara Arab dan Islam serta komunitas Muslim di dunia, juga menyatakan bahwa Selasa adalah hari pertama Idul Fitri.

Berikut ini adalah isi pernyataan dari Royal Court:

Telah datang dari Mahkamah Agung keputusan sebagai berikut:

Keputusan No. (109 / e) dan tanggal 30/9/1440 e sesuai dengan kalender Umm al-Qura

Segala puji bagi Allah saja, doa serta salam bagi Nabi Muhammad kami, dan keluarga dan para sahabatnya, amma ba’du;

Mahkamah Agung mengadakan sidang pada hari Senin, tanggal dua puluh sembilan bulan Ramadhan tahun ini 1440 H, sesuai dengan keputusan Mahkamah Agung No. (108 / e) tentang hilal di bulan Syawal tahun 1440 H.

Setelah mendengar laporan dan mempertimbangkan, disertai kesaksian sejumlah saksi yang melihat pemampakan hilal bulan Syawal pada malam ini, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dalam hadits muttafaq ‘alaihi:

Berpuasalah kalian karena melihatnya, berbukalah kalian karena melihatnya.” 

Mahkamah Agung memutuskan bahwa besok hari Selasa adalah 1 Syawwal 1440 H, sebagaimana kalender Um Al-Qura, bertepatan denga 4 Juni 2019, adalah hari Idul Fitri untuk tahun 1440 AH.

Mahkamah Agung mengucapkan selamat kepada Khadimtul Haramain, Yang Mulia Putra Mahkota, pemerintah, penduduk Kerajaan Arab Saudi dan seluruh umat Islam dengan tibanya Idul Fitri yang diberkati.

Serta senantiasa meminta kepada Allah Ta’ala semoga menerima amal ibadah puasa dan qiyamul lail umat Islam, serta amal sholeh lainnya, dan menyatukan umat Islam dan kalimatnya, memperbaiki kedaan kaum muslimin, membalas musuh-musuhnya, menolong agamaNya, meninggikan kalimatNya, dan mengembalikan kesempatan berharga ini di negara kita yang diberkati dan semua negara Islam dalam kemuliaan dan kemenangan serta stabilitas keamanan, sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan dekat

Semoga shalawat dan salah bagi Nabi kita Muhammad beserta keluarga dan sahabatnya.

Ketua dan anggota Mahkamah Agung

  • D. Khalid bin Abdullah Al-Luhaidan
  • D. Abdul-Ella bin Abdulaziz Al-Farian
  • Ahmed bin Hamad Al Mazroua
  • Mohammed bin Mohammed Shraim Al-Sya’bie
  • Ahmed bin Maqbool al-Hakami
  • Saad bin Mohammed al-Ghamdi

Ketua Mahkamah Agung

  • Ghayeb bin Mohammed Al – Ghihab

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.