Masjid di Arab Saudi: Mulai Malam 21 Ramadan, Shalat Taraweh Setelah Isya dan Qiyamul Lail di Sepertiga Malam

Usai menunaikan shalat wajib berjemaah pada hari ke-20 bulan Ramadan ini, para imam masjid di Arab Saudi menyampaikan informasi kepada jemaah yang hadir, bahwa mulai malam ke-21 Ramadan akan didirikan dua kali shalat malam (taraweh).

Pertama, diadakan setelah shalat Isya sebagaimana hari-hari di bulan Ramadan sebelumnya. Kedua, di tengah malam atau sepertiganya, menyesuaikan dengan pengaturan masing-masing imam masjid.

Rakaat shalat taraweh di setiap masjid pun tidak selalu sama. Ada yang mendirikan 2-2 rakaat setelah Isya, kemudian 2-2 rakaat di tengah malam disambung dengan witir 3 rakaat.

Ada pula yang mendirikan 8 rakaat dengan 2-2 rakaat, kemudian dilanjutkan dengan jumlah rakaat dan cara yang sama di tengah malam, ditambah witir 3 rakaat.

Di Masjdil Haram Makkah dan Nabawi pun demikian. Pada 10 terakhir malam terakhir Ramadan ini, selain setelah Isya, shalat qiyamul lail juga dilangsungkan 10 rakaat plus 3 rakaat witir. Pelaksanaannya dimulai pukul tengah malam hingga menjelang waktu sahur.

Dua kali shalat malam ini menjadi hal yang lumrah di seluruh masjid di setiap blok perumahan Arab Saudi, yang biasa mendirikan taraweh.

Baik warga Saudi maupun warga pendatang (ekspatriat), mempunyai banyak pilihan untuk mengikuti jemaah shalat taraweh di banyak masjid yang tersebar di setiap distrik.

Kadang, demi mencari kenyamanan, seperti keinginan “menambah” khusyu’ shalat, mencari bacaan imam yang indah. Beberapa warga menyengajakan pergi ke masjid tertentu dengan kendaraan.

Di beberapa distrik perumahan, masjidnya dibangun megah; memiliki pendingin (AC) sentral yang membuat nyaman di dalamnya, karpet empuk dan harum, juga tersedia air mineral kemasan dan kurma gratis.

Tidak kalah dengan masjid-masjid di perumahan, beberapa pusat perbelanjaan (mall) juga menyediakan masjid yang tak kalah nyamannya. JLL

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.