Bantuan Untuk Sudan: Arab Saudi Setor $ 250 Juta di Bank Sentral Sudan

Deposit sebesar $ 250 juta ke bank sentral Sudan dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi, sebagaiman laporan Saudi Press Agency mengutip pernyataan dari Kementerian Keuangan Saudi pada hari Ahad (19/5).

“Sebagaimana arahan Khadimul Haramain, Raja Salman, Departemen Keuangan telah menyetor SR 937.500.000 ($ 250 juta) ke rekening Bank Sentral Sudan,” kata pernyataan tersebut.

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab berjanji untuk mengirim bantuan senilai $ 3 miliar ke Sudan, setelah protes massal yang menyebabkan tergulingnya Presiden Omar Al-Bashir bulan lalu.

Langkah itu akan memperkuat “posisi keuangan Sudan, mengurangi tekanan pada pound Sudan dan menstabilkan nilai tukar,” lanjut pernyataan tersebut.

Jumlah yang tersisa akan dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan mendesak rakyat Sudan, termasuk makanan, obat-obatan dan bahan bakar.

Menteri Keuangan Mohamed Abdullah Al-Jadaan membenarkan bahwa deposit ini merupakan tindak lanjut atas dukungan Arab Saudi kepada rakyat Sudan.

Dia menambahkan bahwa dukungan ini akan memperkuat situasi keuangan dan ekonomi di Sudan, terutama nilai tukar pound Sudan, yang harus mencerminkan secara positif kondisi kehidupan masyarakat Sudan. – SG / SPA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.