Dewan Syura Saudi Setujui “Green Card” Bagi Ekspatriat

Dewan Syura Arab Saudi pada hari Rabu (8/5) menyetujui rencana untuk menerbitkan “Green Card” (iqomah mumayyizah) bagi ekspatriat yang mengantongi kriteria khusus. Rencana ini untuk lebih menarik pengusaha dan investor dari luar negeri berinvestasi dan berbisnis di Arab Saudi.

Dalam draf sistem iqomah khusus ini, menawarkan sejumlah kelebihan bagi ekspatriat sebagai pengusaha (investor) atau tenaga ahli tertentu yang dibutuhkan di dalam negeri Saudi. Di antaranya, dengan sistem iqama yang baru ini, eskpatriat tidak akan membutuhkan sponsor (kafil) selama tinggal di Arab Saudi.

Kelebihan lainnya yang ditawarkan termasuk diberi kewenangan membuka lapangan pekerjaan, merekrut karyawan, kepemilikan properti dan transportasi, pekerjaan di sektor swasta, perdagangan, dan industri, serta kebebasan keluar-masuk Arab Saudi.

Dengan sistem baru ini ekspatriat dapat memiliki dua macam izin tinggal; dengan iqama yang dapat diperpanjang dan atau izin tinggal sementara.

Menurut laporan beberapa media lokal Arab Saudi, program ini akan dimulai pada tahun 2020. Ada beberapa persyaratan dan kriteia khusus bagi ekspatriat yang dapat mengantongi “green card.” []

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.