Arab Saudi Mengembangkan Pembayaran Terpadu Tanpa Uang Tunai

Arab Saudi saat ini sedang mengembangkan pembayaran yang terintegrasi untuk menghubungkan pedagang, pelanggan, dan penyedia layanan secara terpusat.

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Otoritas Moneter Arab Saudi (SAMA), Ahmed Alkholifey di MEFTECH, perbankan terkemuka, dalam rangkaian Fintech dan konferensi serta konferensi pembayaran pada hari Ahad (24/2) kemarin.

Dia mengatakan salah satu tujuan utama SAMA adalah untuk mengurangi ketergantungan perputaran uang tunai melalui pengembangan infrastruktur pembayaran nasional yang berkelanjutan.

Program ini mendukung dan memfasilitasi prosedur pembayaran elektronik, menuju masyarakat tanpa uang tunai, sebagai salah satunya tujuan Program Pengembangan Sektor Keuangan.

“Kami bangga telah menangani lebih dari 2,3 miliar transaksi selama tahun lalu, dengan total nilai keuangan melebihi SR 50 triliun,” kata Alkholifey.

“Untuk mencapai tujuan kompatibilitas, Saudi Payments Company pada periode yang lalu telah bekerja untuk menstandardisasi pembayaran perangkat pintar melalui teknologi kode QR, yang membantu meningkatkan tingkat layanan, memfasilitasi, dan menyediakan satu jendela terintegrasi yang melayani semua pelanggan portofolio elektronik berdasarkan merek,” katanya.

Ziad Al Yousef, Managing Director, Saudi Payments, mengatakan, “Konsumen Saudi melakukan transaksi online pada tingkat yang lebih cepat dari sebelumnya dengan pertumbuhan 40% perbulan, dan ini sejalan dengan tingkat pertumbuhan adopsi global.”

Dia mengatakan bahwa sedang dilakukan rencana untuk melibatkan penyedia layanan pembayaran non-bank untuk memperluas jangkauan dan menggiring lebih banyak pembayaran digital. SG

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.