Arab Saudi & UAE Bantu Atasi Krisis Kemanusiaan di Yaman Sebesar 500 Juta Dollar

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UAE) mengumumkan peluncuran bantuan sebesar $ 500 juta untuk mengatasi krisis kemanusiaan di Yaman.

Kedua negara juga mengumumkan akan meluncurkan prakarsa lain untuk ketahanan pangan yang dapat membantu 10-12 juta rakyat Yaman.

Inisiatif ini diumumkan oleh Abdullah Al-Rabeeah, Pengawas Pusat Pertolongan dan Bantuan Kemanusiaan Raja Salman (KSRelief), bersama dengan Reem Al-Hashimi, Menteri Negara Urusan Kerjasama Internasional UAE.

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab masing-masing akan memberi $ 250 juta menganggapi krisis pangan yang dialami lebih dari 10 juta orang, kata Rabeeah.

Dia menambahkan, bahwa sumbangan tersebut akan disalurkan melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) serta kelompok bantuan internasional dan lokal lainnya.

Rabeeah menjelaskan bahwa negara-negara Koalisi Arab dalam tiga tahun terakhir ini telah memberikan bantuan ke Yaman senilai $ 18 miliar.

Sementara itu, milisi Houtsi yang didukung Iran telah melanggar gencatan senjata dan tetap menembakkan rudal ke Arab Saudi.

Menteri Informasi Yaman, Moammar Al-Eryani, mengatakan Houtsi masih menembakkan rudal ke wilayah Arab Saudi, tetapi rudal tersebut gagal mencapai target dan jatuh di Yaman, sebagaimana yang ditulis di akun Twitternya.

Utusan khusus PBB Martin Griffiths mengatakan pada hari Jumat (16/11) lalu, partai-partai politik di Yaman telah memberikan “jaminan tegas” dengan komitmen untuk mengadakan pembicaraan damai, yang diharapkan akan berlangsung di Swedia sebelum akhir tahun ini. SG

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*