Segera, Sopir Taksi Wanita Untuk Keluarga

Dalam satu minggu ke depan, sopir taksi wanita akan mulai beroperasi di jalanan kota Arab Saudi. Hal ini sebagaimana penjelasan the Public Transport Authority (PTA), dengan menekankan bahwa hanya wanita Saudi yang mengantongi kualifikasi tertentu yang dapat diizinkan menjadi sopir taksi.

Di antara persyaratan menjadi sopir taksi bagi wanita Saudi adalah harus bebas dari penyakit menular, bukan pengguna narkoba, tidak memiliki catatan kriminal dan harus lulus semua sesi pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak otoritas terkait.

Sopir juga harus memiliki surat izin mmengemudi dengan kategori A yang valid.

Menurut laporan yang dirilis harian Al-Yaum, pengaturan ini bertujuan untuk meningkatkan layanan transportasi terutama bagi wanita dan anak-anak.

Di antara peraturan yang ditulis koran Ummul Qura, taksi dengan sopir wanita ini diperuntukkan bagi penumpang yang terdiri minimal satu wanita dewasa. Penumpang dan anak laki-laki harus duduk di kursi belakang dan tidak boleh ditinggalkan sendirian di dalam mobil.

Bagi pengusaha taksi yang akan menyediakan sopir wanita, pihak otoritas Saudi mensyaratkan kepemilikan minimal 10 armada dengan usia mobil tidak boleh lebih dari lima tahun dan memiliki minimal tujuh kursi termasuk pengemudi.

Mobil juga harus memiliki AC, sistem pendingin udara dingin dan hangat, serta dilengkapi dengan navigasi GPS.

Di dalam kendaraan taksi, harus tersedia informasi dengan data lengkap yang diperlukan, seperti nama sopir, nama perusahaan dengan semua nomor kontak dan nomor plat mobil. Selain itu, armada taksi harus dilengkapi dengan ban serep serta kondisinya bersih, baik dalam maupun luar. GS

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*