Peralatan Listrik Dengan Jaminan 20 Tahun, Awas Barang Murahan!

Warga Saudi melaporkan beberapa produk peralatan listrik setelah menemukan kejanggalan di beberapa toko listrik dan bangunan.

Hal ini sebagaimana yang didapatkan di beberapa toko, stop kontak (colokan) listrik yang tertulis jaminan 20 hingga 25 tahun tetapi harganya cukup murah.

Salah satu konsumen saat meminta kepastian barang tersebut dengan jaminan puluhan tahun, ternyata penjual di salah satu toko di selatan Riyadh, menolak memberikan nota resmi dari perusahaan yang memproduksi barang tersebut.

Karenanya, warga kemudian melaporkan ke Kementerian Perdagangan dan Investasi untuk meminta keterangan resmi atas barang tersebut.

Pihak kementerian merespon bahwa produk peralatan listrik maksimal hanya dua tahun, jika kurang dari masa tersebut berarti termasuk produk yang melanggar peraturan. Untuk produk yang melebihi dari masa yang ditentukan seperti colokan listrik di atas, pihak kementerian belum menjelaskan lebih rinci.

Untuk melaporkan produk yang melanggar peraturan pemerintah atau dirasa janggal, konsumen dapat menghubungi melalui telpon gratis ke nomor pengaduan 1900. Atau dapat melalui website resmiĀ Kementerian Perdagangan dan Investasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*