Larangan Otoritas Obat dan Makanan Saudi Mengonsumsi Air Kemasan Ini

Otoritas Obat dan Makanan Saudi (SFDA) mengingatkan masyarakat agar tidak mengomsumsi air kemasan bermerk “الصفاء العذبة” ukuran 4 galon, sebagaimana gambar di bawah ini.

Air minum kemasan tersebut diproduksi oleh Al Ain Fresh Water Plant di Al Baha. SFDA menemukan zat bromate pada merk tersebut melebihi kadar yang diizinkan.

Hasil penelitian laboratorium SFDA dari sample produk yang dipasarkan, didapati kandungan bromate melebihi kadar yang telah ditetapkan Gulf Standard No. 1025/2014.

Untuk melindungi konsumen, pemerintah Saudi melalui otoritasnya telah melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Menghentikan produksi air kemasan merk “الصفاء العذبة
  • Memerintahkan perusahaan yang memproduksi air kemasan tersebut untuk menarik seluruh produknya dari pasar
  • Memastikan agar tidak ada kelebihan kadar bromate pada produknya, jika telah diizinkan kembali produksi

Bagi masyarakat di Saudi yang telah membelinya, harap segera membuang produk tersebut dan memeriksakan kesehatannya agar aman dari kelebihan zat bromate.

Bromate adalah senyawa yang menurut Badan Kesehatan PBB (WHO) masuk dalam kategori “katsinogenik” dan  “Desinfection By Product ( DBP).” Senyawa bromate inilah yang selanjutnya menjadi kontaminan pada air minum olahan.

Para peneliti percaya senyawa bromate  dapat menyebabkan kemungkinan terkena kanker 1:104 kali pada dosis 5 ug/L. Persyaratan baku mutu bromate pada air secara umum adalah 10 ug/L. jll

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*