Hoax Foto Jasad Khashoggi yang Dimutilasi dan Pemecatan MBS

Beberapa minggu terakhir, media sosial ramai viral foto-foto mengerikan, sebuah jasad yang terpotong-potong (dimutilasi).

Dalam penjelasannya, foto tubuh yang sudah tidak utuh tersebut adalah jasad Jamal Khahshoggi, seorang jurnalis Saudi yang terbunuh di Konsulat Saudi di Istanbul Turki, awal bulan ini.

Kumpulan foto ini telah beredar luas melalui Whatsapp di Turki, juga telah di-tweet oleh banyak pengguna Twitter Turki.

Foto tersebut juga telah dipublikasikan oleh lima situs berita Iran; dua blog Rusia; web berita dalam bahasa Tamil, Ibrani, Indonesia, dan Jerman; dan di beberapa akun media sosial berbahasa Arab.

Situs berita yang mempublikasikannya, mengklaim bahwa foto-foto tersebut menunjukkan potongan tubuh Khashoggi, tetapi tidak memberikan bukti apa pun yang mendukungnya.

Situs Jerman Noch.info hanya mengatakan bahwa wajah yang dikuliti “tampak sangat mirip dengan wajah korban, dengan kumis dan janggut.”

Adalah France 24 Observers yang mengupas hoax foto tersebut, dengan menjelaskan bahwa foto-foto tersebut tidak ada hubungannya dengan Khashoggi.

Sebagai bukti, foto-foto tersebut sudah lama dipublikasikan secara online jauh sebelum kematian Khashoggi. France 24 melakukan pencarian gambar terbalik secara sederhana (klik di sini untuk mempelajari cara melakukannya).

Dua foto yang menunjukkan lengan dan kaki dipublikasikan pada bulan Agustus 2017, diambil di Giza, Mesir. Bagian-bagian tubuh dalam foto tersebut adalah milik seorang pria yang digambarkan sebagai “orang tua” yang bagian tubuhnya ditemukan tersebar di antara dua kota yang berbeda.

Sementara foto yang menunjukkan tengkorak, wajah yang dikuliti, sepasang mata dan penis telah dapat ditemukan di dunia maya sejak bulan Juli 2017. Menurut sebuah blog khusus dalam kejahatan perdagangan narkoba Meksiko, bagian tubuh tersebut adalah milik seorang komandan polisi di Tecoman , Meksiko, yang dibunuh oleh kartel.

MBS Dilengserkan

Kabar yang ramai viral terkait dengan kematian Khashoggi adalah pemecatan Mohammad bin Salman (MBS) sebagai putra mahkota digantikan oleh saudaranya, Khaled bin Salman.

Dikabarkan bahwa Raja Salman mengeluarkan dektrit (amr maliky) yang isinya menunjuk Khaled sebagai pengganti MBS.

norumors.net mengungkap bahwa berita tersebut berasal dari media online alhadnews.com yang berkedudukan di Palestina. Media ini berdusta yang mengklaim menulis berita dari sumber media Sabq Arab Saudi.

Banyak tulisan di situs alhadnews.com ditemukan berita-berita hoax, tidak akurat dan menyerang Arab Saudi yang telah banyak terbantahkan. jll

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*