Ini Langkah-langkah Saudi Dalam Mengungkap Kasus Khashoggi

Sejak pengumuman hilangnya jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi, pada kunjungannya ke Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober yang lalu, Arab Saudi menyatakan siap bekerjasama penuh dengan pemerintah Turki untuk menyelidiki kasusnya secara detail.

Untuk itu, Saudi mengambil langkah-langkah untuk mengungkap keberadaan Khashoggi, meskipun bereda luas dan masif rumor yang dipublikasikan di banyak media. Berikut rangkain langkah yang ditempuh pemerintah Arab Saudi;

  • 6 Oktober, Arab Saudi mengirim tim penyidik untuk menyelidiki dan bekerja sama dengan otoritas Turki untuk mengungkap kasus Khashoggi.
  • 11 Oktober, pembentukan tim gabungan antara Arab Saudi dan Turki untuk memeriksa konsulat Saudi di Istanbul.
  • 13 Oktober, Menteri Dalam Negeri Saudi membantah tuduhan yang beredar luas di media, bahwa pemerintah Arab Saudi memerintahkan untuk membunuh Khashoggi. Tuduhan tersebut tidak benar dan tidak berdasar.
  • 14 Oktober, Raja Salman bin Abdul Aziz memerintahkan penyelidikan internal dalam kasus Khashoggi.
  • Sejak tanggal tersebut, penyelidikan dilakukan untuk merinci kasus tersebut secara detail.
  • 20 Oktober, Arab Saudi mengumumkan kematian Jamal Khashoggi, menyusul keributan di konsulat yang telah berakhir secara tragis. Saudi juga mengumumkan dari penyelidikan awal, 18 warga Saudi menjadi tersangka.

Selain itu, pemerintah Saudi mencopot dengan tidak hormat Wakil Kepala Intelijen Arab Saudi, Ahmed Asiri beserta tiga asistennya.

Pada waktu yang sama, Raja Salman memerintahkan pembentukan Komite Menteri, yang dipimpin oleh Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman, untuk merestrukturisasi Badan Intelijen Umum Negara dan melaporkan hasil kerjanya dalam satu bulan. mz mz

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.