Saudi Ancam Balik Atas Respon Trump Terkait Hilangnya Jurnalis Saudi di Istanbul

Presiden AS, Donald Trump ikut memberikan tanggapan atas hilangnya jurnalis asal Saudi, Jamal Khashoggi di Istanbul sejak Selasa (9/10) minggu lalu.

Dalam CBS News’ 60 Minutes (Sabtu, 13/10), Trump mengatakan AS ikut menyelidiki hilangnya Khashoggi, yang disebutnya “benar-benar mengerikan dan menjijikkan.”

“Kami akan sampai ke akar-akarnya, dan akan ada hukuman berat,” katanya.

Menanggapi ancaman tersebut, Arab Saudi meresponnya dengan keras, dengan “tindakan yang lebih besar” untuk setiap sanksi atau tindakan yang ditujukan kepada negaranya.

Kantor Berita Arab Saudi (SPA) menyatakan bahwa Saudi akan menggunakan kekuatannya jika “hukuman berat” dilakukan oleh Trump.

Lebih lanjut siaran SPA pada Ahad (14/10) menegaskan bahwa Saudi “menolak penuh setiap ancaman dan upaya untuk mendiskreditkan Arab Saudi.”

Dalam statemennya, SPA menulis, “upaya apapun baik melalui ancaman sanksi ekonomi, tekanan politik, mengulangi-ulangi tuduhan palsu, semua itu tidak akan menganggu kedudukan kuat Arab Saudi di mata dunia Arab, Islam maupun internasional. Usaha ini tidak akan berbeda nasibnya dengan sebelumnya yang akan melemah dan kemudian menghilang. Dan negara Saudi beserta rakyatnya akan tetap kuat sebagaimana biasanya, meskipun tuduhan dan tekanan bertubi-tubi.”

SPA juga menyatakan, “jika Arab Saudi menerima sanksi apapun atas hal ini, maka akan dibalasnya dengan lebih besar. Sungguh perekonomian Arab Saudi memiliki peran penting dan berpengaruh dalam perekonomian global, akan tetapi Saudi tidak pernah terpengaruhi oleh kerentanan ekonomi global.”

Dalam penutupannya, SPA menulis, “Arab Saudi mengapresiasi sikap yang tepat dalam menghadapi propaganda dan tuduhan dusta, sebagaimana menghargai suara orang-orang di seluruh dunia, yang dengan kebijaksanaan dan kehati-hatiannya dalam pencarian kebenaran. Daripada tergesa-gesa dan berusaha mengeksploitasi rumor dan tuduhan, untuk mencapai tujuan dan agenda yang tidak terkait dengan pencarian kebenaran.” jll

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.