Dauroh Gratis 2019, 40 Hari di Makkah

Univesitas Ummul Qura mengumumkan pembukaan pendaftaran untuk berpartisipasi dalam kursus mengajar bahasa Arab untuk penutur non-Arab.

Sebagaimana yang dilansir web darunnajah.com, kursus ini akan diselenggarakan untuk tahun 1440 H (201M) di Universitas Ummul Qura, Makkah al-Mukarramah.

Kegiatan tahunan ini diseleggarakan oleh Institut Pengajaran Bahasa Arab untuk non Arab di Umm Al-Qura University Mekkah, Arab Saudi, bagi pengajar bahasa Arab di universitas maupun lembaga-lembaga pendidikan lainnya. 

Kursus ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan guru bahasa Arab, selain lebih menggali keahlian linguistik dan budaya bahasa Arab. Diharapkan setelah menyelesaikan kursus, pesertanya memiliki dorongan kaut untuk memperbarui niat dan perjuangan mereka dalam pengajaran bahasa Arab di tempat mengajar masing-masing.

Diharapkan setelah menyelesaikan kursus, para kandidat akan memiliki dorongan baru untuk memperbarui tekad dan perjuangan mereka di bidang pengajaran bahasa Arab melalui upaya pengembangan mereka di sekitar universitas tempat mereka belajar.

Jumlah peserta dauroh ini dibatasi sebanyak 20 guru bahasa Arab dari Indonesia yang akan bergabung dengan peserta lain negara-negara Afrika lainnya. Seluruh kegiatan akan diadakan di kampus Universitas Ummul Qura di Mekkah.

Pihak penyelenggara akan menyediakan akomodasi, seperti tempat tinggal peserta selama di Makkah,  makanan dan transportasi selama di Arab Saudi. Selain itu, tiket gratis Pergi-Pulang Jakarta ke Jeddah akan ditanggung oleh Ummul Qura.

Waktu Dauroh

Dauroh pada tahun ini Insya Allah akan dilaksanakan mulai 11 Syawal sampai dengan 17 Dhul Qa’da 1440 H (11 Juni hingga 20 Juli 2019).

Syarat-syarat Peserta

  1. Peserta dauroh dibatasi hanya berasal dari provinsi berikut ini: Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.
  2. Minimal memiliki gelar S-2 (magister).
  3. Pengajar bahasa Arab di Universitas atau lembaga pendidikan.
  4. Mampu menulis dan berbicara bahasa Arab fushah dengan baik.
  5. Belum perna mengikuti dauroh serupa yang diadakan Universitas Ummul Qura.
  6. Usianya tidak melebihi dari 45 tahun saat mengikuti dauroh.
  7. Peserta siap denga proses pendaftara dan dokumen yang diperlukan.

Untuk langkah-langkah pendaftarannya, dapat membacanya lebih lanjut di  web darunnajah.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*