Amandemen Denda Bagi Pelanggar Lalu Lintas di Arab Saudi

Amandemen yang diputuskan oleh Dewan Menteri Arab Saudi dalam perubahan peraturan lalu lintas, telah disetujui oleh Kerajaan. Perubahan ini di antaranya terkait dengan hukuman bagi pelanggar lalu lintas yang mengakibatkan kecelekaan.

Di antara amandemen baru tersebut, jika terjadi kecelakaan yang berdampak kepada pelanggaran kepentingan umum, maka dapat diangkat kasusnya secara hukum pidana.

Amandemen ini juga mengatur ancaman hukuman bagi pelanggar lalu lintas berat. Palanggar yang mengakibatkan kecelakaan dan memakan korban terluka hingga harus dirawat lebih dari 15 hari, maka diancam hukuman penjara maksimal 2 tahun dan atau denda maksimal 100 ribu reyal.

Adapun pelangar yang mengakibatkan korban cacat atau meninggal dunia, maka diancam penjara maksimal 4 tahun dan atau denda maksimal 200 ribu riyal, kecuali jika ada tuntutan khusus dari korban.

Untuk batas kecepatan dan tingkatan sanksi denda, juga terdapat beberapa perubahan. Berikut infografis denda baru bagi bagi pengendara yang melampui batas kecepatan yang telah ditentukan dan beberapa adjustment baru untuk setiap level pelanggaran:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.