Pertahanan Udara Arab Saudi Kembali Gagalkan Serangan Rudal Pemberontak Syiah Houtsi Yaman

Pertahanan Udara Arab Saudi kembali mengitersepsi serangan rudal yang diluncurkan pemberontak Syiah di Yama pada Ahad (2/9) malam.

Juru Bicara Koalisi Arab untuk pemerintah Yaman yang syah, Kolonel Turki al-Maliki, dalam keterangannya yang dirilis SPA (Saudi Press Agency), mengatakan bahwa rudal tersebut diluncurkan pada pukul 19.27 waktu Arab Saudi. dari wilayah Sha’da, Yaman, yang berdekatan dengan perbatasan Arab Saudi.

Serangan rudal balistik tersebut sengaja diluncurkan oleh Houtsi dari daerah sipil di Yaman yang diarahkan ke wilayah pemukiman padat penduduk di kota Jazan.

Al-Maliki meyakinkan bahwa pertahanan udara Arab Saudi berhasil menembak jatuh rudal di atas langit sehingga tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan yang berarti.

Serangan untuk sekian kalinya oleh milisi Houtsi yang terbukti didukung oleh rezim Iran tersebut, telah melanggar resolusi PBB no 2216 dan 2231, sebagai  ancaman keamanan Kerajaan Arab Saudi dan ancaman keamanan regional serta internasional.

Perbuatan tersebut juga bertentangan dengan hukum kemanusiaan internasional, karena serangan rudal balistik tersebut diarahkan dengan sengaja ke daerah padat penduduk sipil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*