Pelajar Saudi Tidak Sudi Bersanding dengan Israel

Kejadian menarik terjadi di atas panggung penyerahan medali bagi pemenang Olimpiade Kimia Internasional yang diadakan di Cekoslovakia (29/7).

Seorang pelajar Arab Saudi, Bader Salman Al-Mulhim, yang berhasil merebut medali perak di ajang tersebut, menolak berdiri di panggung, di samping pelajar Israel.

Peristiwa tersebut terekam dalam sebuah video amatir yang diunggah akun Twitter Dr. Marwah Al-Orjani, menjadi viral di media Arab Saudi.

al-Mulhim yang pertama kali dipanggil ke atas panggung membawa bendera negara Arab Saudi, sebagaimaa pelajar lainnya yang telah berdiri di atas panggung.

Beberapa saat kemudian, pelajar Israel yang mendapatkan medali, juga dipanggil ke atas panggung dengan membawa bendera zionis, berdiri di samping al-Mulhim.

Seketika al-Mulhim berpindah ke pojok lain, yang ternyata bersebelaha dengan pelajar negara Iran.

Reaksi spontan tersebut mencerminkan ketidaknyamanan pelajar Saudi terhadap Israel yang diketahui menjajah tanah Palestina.

Netizen ramai memberikan respon, di antaranya, itulah cerminan pemerintah Saudi selama ini, selain membantu nyata perjuangan rakyat Palestina, juga menunjukkan solidaritasnya dengan cara apapun.

Tonton video kejadian tersebut di bawah ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*