Setelah Sikap Keras Doha…. Arab Saudi Tetap Memfasilitasi Warga Qatar Untuk Pergi Haji

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyambut kedatangan warga Qatar yang akan menunaikan manasik haji di tahun 1439 ini melalui Badar Udara Malik Abdul Aziz di Jeddah. Hal ini bersama dengan telah selesainya persiapan untuk menyambut kedatangan jemaah haji dari seluruh dunia, yang diperkirakan mencapai 2 juta orang.

Semua persiapan tersebut sebagamaimana arahan Khadimul Haramain Al-Syarifain, Raja Salman bin Abdul Aziz dan Pangeran Muhammad bin Salman bin abdul Aziz, yang juga sebagai Wakil Dewan Menteri dan Menteri Pertahanan Arab Saudi, untuk memaksimalkan seluruh sumber daya manusia dan materi dalam memberikan pelayanan para jemaah, sehingga dapat menunaikan ibadah haji dengan kemudahan dan kenyamanan.

Dalam siaran pers Kantor Berita Arab Saudi (SPA), pemerintah Arab Saudi juga menjelaskan bahwa kantor urusan haji di Doha Qatar enggan memproses keberangkatan warganya yang berniat menunaikan ibadah haji. Mengingat waktu yang sempit untuk proses persiapannya, maka Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mempersilahkan kepada warga Qatar yang akan berhaji pada tahun ini, untuk berangkat melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah.

Calon jemaah haji dari Qatar tersebut dapat mendaftarkan dirinya melalui situs resmi Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang akan dikhususkan link-nya bagi warga negara Qatar dan dimulai bula Dzulqa’dah 1439 H.

Mereka dapat memilih fasilitas yang dipilih dari tempat tinggal, transportasi, dan lainnya, selama di Makkah al-Mukarramah, Madinah al-Munawwarah dan Masya’aril Haram yang telah disediakan, sebagaimana calon jemaah haji lainnya dari seluruh dunia.

Hanya saja pemerintah Saudi tidak mengizinkan Qatar Airways sebagai sarana pengangkut jemaah haji dari Qatar untuk tiba di Jeddah, tetapi dapat menggunakan seluruh maskapai penerbangan dunia lainnya.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi juga menegaskan bahwa Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tidak akan membedakan dalam menyambut jemaah haji dari bangsa, suku dan ras yang berbeda dari seluruh dunia. Sekaligus, akan berusaha memberikan pelayanan terbaik guna membantu kaum muslimin melakukan ibadah haji menjadi mudah dan nyaman, dari sejak kedatangan mereka sampai kembalinya ke negara-negara masing-masing. alarabiya.net

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*