Uang Kertas 1 Reyal Ditarik Dari Peredaran

Otoritas Moneter Arab Saudi (SAMA) akan mulai menarik uang kertas SR 1 dari pasar mulai Kamis (24/5), sebagaimana yang diumumkan SAMA di situsnya pada hari Rabu (23/5). Uang kertas SR 1 tersebut akan diganti dengan bentuk koin satu riyal.

Meskipun demikian, uang kertas SR1 masih dapat tetap beredar sampai ditarik dari perdagangan sesuai dengan rencana waktu yang telah ditentukan, sebagaimana pengumuman SAMA.

Uang kertas SR 1 menyumbang 49 persen dari volume uang tunai yang diperdagangkan, karena sering dibagikan di antara masyarakat dan jarang disimpan di bank, lapor al-arabiya mengutip seorang pejabat SAMA.

Pada bulan Desember 2016, SAMA meluncurkan edisi keenam mata uang Saudi, termasuk koin satu riyal dan dua riyal baru, di samping koin dalam denominasi 50 halalah, 25 halalah, 10 halalah, 5 halalah dan satu halalah.

Bagian depan koin satu riyal terdapat foto Raja Salman dengan warna perak di tengahnya. Di sisi kanan, nama dan gelar raja, yaitu Pelayan Dua Masjid Suci Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud terukir dalam bingkai emas. Sementara di sebelah kiri terdapat motif tanaman yang mencakup lambang nasional Kerajaan Arab Saudi.

Di sisi baliknya, nominal koin (SR 1) ditulis di tengah dengan angka perak dengan tulisan dalam huruf Arab di bagian atas dan dalam bahasa Inggris di bagian bawah. Di sisi kanan, ada bingkai emas yang diukir dengan nama lengkap Kerajaan Arab Saudi, sementara di sebelah kiri ada motif tanaman yang mencakup lambang nasional Kerajaan. Tahun Hijriah (1438) ditulis di bagian atas dan tahun Gregorian (2016) dicantumkan di bagian bawah koin tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*