“Terima Kasih Arab Saudi, Kau Akan Selalu di Hatiku”

Sebuah curahan hati (curhat) seorang ekspatriat yang telah lama bekerja di Arab Saudi. Simak apa yang ditulisnya sebagai seorang yang bertahun-tahun mencari nafkah; makan, minum dan menikmati udara di Negeri Haramain ini.

Setelah Allah, aku berterima kasih kepada Arab Saudi yang memberikan kesempatan kepada diriku dan banyak orang lainnya untuk bekerja dan menjadikan kehidupan di negeriku lebih baik.

Aku telah bekerja di Saudi lebih dari dua dekade, dalam waktu yang cukup lama dan tinggal berjauhan dari keluargaku, akan tetapi aku dapat katakan bahwa keluargaku bangga terhadapku, ini karenamu. Kami telah bersaing mencari kesempatan kerja di negeri kami sendiri dan di saat yang tepat kamu membukakan lapangan pekerjaan bagi kami.

Selama aku bekerja di Saudi, aku dapat menyekolahkan anak-anakku dan menikahkan putriku. Saat aku cuti liburan, aku bawakan oleh-oleh untuk anak-anak dan sanak saudara di kampung halaman, sehingga menguatkan hubungan kami. Di saat aku bekerja di Saudi, aku juga dapat menyisihkan sebagian hartaku untuk disumbangkan ke lembaga amal dan masjid, yang jika aku bekerja di negeriku sendiri kemungkinan kecil dapat aku lakukan seperti itu.

Aku dapat membangun sebuah rumah di kampung, setelah bekerja di sini selama dua puluh tahun. Sebagai seorang muslim, aku juga telah mengerjakan umrah dan haji dengan biaya yang murah, yang mana ibadah tersebut sangat kecil kemungkinan dapat aku lakukan jika berangkat dari negeraku, karena biaya yang tidak sedikit dan kuota yang terbatas.

Sekarang aku sedang menyiapkan final exit, meninggalkan Arab Saudi. Hatiku tidak merasa bahagia karenanya, tetapi aku percaya ini lebih baik bagi diriku dan keluargaku. Cintaku akan selalu tertumpu kepada Arab Saudi, sebagai tanah airku yang kedua. InshaaAllah, suatu hari nanti, kami akan kembali lagi untuk mengerjakan ibadah haji atau umrah bersama keluarga.

Sumber tulisan: saudi-expatriates

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*