Jemaah Umrah Dapat Mengisi Waktu di Masjid Nabawi dengan Tahsin Bacaan Al-Quran

Jemaah umrah dari seluruh dunia yang menyempatkan berziarah ke Masjid Nabawi di kota Madinah al-Munawwarah, dapat mengisi waktunya selama berdiam di dalam masjid dengan berbagai aktivitas ibadah. Di antaranya, mengikuti halaqah tahsin bacaan Al-Quran yang diampuh oleh pengajar Al-Quran di Masjid Nabawi.

Halaqah dengan duduk melingkar dan seorang syaikh di antara jemaah tersebut, dapat ditemui di beberapa tiang Masjid Nabawi. Tak segan-segan syaikh yang mengajar, memanggil jemaah yang melintas untuk duduk mendekat dan bergabung.

Kegiatan tersebut cukup bermanfaat bagi jemaah yang ingin memperbaiki bacaan tajwid, dengan mendengarkan terlebih dahulu bacaan sang syaikh yang mutqin, kemudian diikuti peserta halaqah.

Peserta halaqah tersebut tidak dibatasi usia dan asal negara. Biasanya diadakan sebelum shalat wajib, seperti setengah jam sebelum shalat Dzuhur. Berikut salah satu rekaman halaqah tahsin di pintu Umar bin Khattab (pintu no. 18) yang diikuti peserta dari berbagai negara sperti Mesir, India, Pakistan, Turki, Malaysia, dan Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*