Menjenguk Orang Sakit Meskipun Tidak Dikenal

Sebuah kisah pengalaman Anton Satria Prabuwono, seorang ekspatriat Indonesia, profesor di King Abdul Aziz Unicversity Jeddah. Kisahnya diangkat di status FB-nya pada Kamis (22/3). Berikut ceritanya yang dapat diambil hikmah bagi kita semua.

Ada satu kebiasaan unik di Arab Saudi dan belum pernah saya temukan di tempat/negara lain. Yaitu kebiasaan menengok orang sakit. Pernah suatu ketika menengok kolega yang sakit dan dirawat di rumah sakit milik pemerintah.

Kemudian menjumpai sekumpulan bapak yang sudah berumur, mengunjungi dan keluar masuk kamar-kamar rawat inap di rumah sakit tersebut. Saya menanyakan ke kolega, siapa orang-orang tsb. Kemudian kolega menjawab: “Saya juga tidak kenal mereka, mengucapkan salam, masuk dan berdoa supaya diberikan kesembuhan. Kemudian sekumpulan orang ini menanyakan kondisi (pasien) dan memohon didoakan (oleh pasien) supaya diberikan kesehatan, kesejahteraan dan keselamatan.”

Ini dibenarkan oleh perawat yang menjaga bahwa setiap jam besuk terutama setelah waktu Ashar, adalah hal biasa sekumpulan orang tua datang menengok pasien yang sedang dirawat meskipun tidak saling mengenal. Masya Allah. Kebiasaan yang mengagumkan.

Salah seorang teman FB Anton, mengomentari:

MasyaAllah..sy pernah mendapatkan cerita dari salah seorang ustadz bahwa sahabat-sahabat mereka orang saudi terkadang dalam sehari tidak mau luput dari empat amalan berikut:

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu menceritakan bahwa suatu hari Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepada para sahabatnya:

مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمُ الْيَوْمَ صَائِمًا؟ قَالَ أَبُوبَكْرٍ : أَنَا، قَالَ : فَمَنْ تَبِعَ مِنْكُمُ الْيَوْمَ جَنَازَةً؟ قَالَ أَبُوبَكْرٍ : أَنَا، قَالَ : فَمَنْ أَطْعَمَ مِنْكُمُ الْيَوْمَ مِسْكِينًا قَالَ أَبُوبَكْرٍ : أَنَا، قَالَ : فَمَنْ عَادَ مِنْكُمُ الْيَوْمَ مَرِيضًا قَالَ أَبُوبَكْرٍ : أَنَا، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَااجْتَمَعْنَ فِي امْرِئٍ إِلَّادَخَلَ الْجَنَّةَ

‘Siapakah diantara kalian yang berpuasa hari ini?’ Abu Bakar menjawab,’Saya.’ Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Siapakah diantara kalian yang telah mengantar jenazah hari ini?’ Abu Bakar pun menjawab, ‘Saya.’ Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam kembali bertanya, ‘Siapakah diantara kalian yang telah memberi makan orang miskin hari ini?’ Abu Bakar menjawab lagi, ‘Saya.’ Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam masih bertanya lagi, ‘Siapakah diantara kalian yang telah menjenguk orang sakit hari ini?’ Abu Bakar pun menjawab lagi, ‘Saya.’ Lalu Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Tidaklah amal-amal yang telah disebutkan tadi berkumpul pada satu orang, melainkan ia akan masuk surga.’ [HR. Muslim, no. 1028]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*