Arab Saudi Menghibahkan Alat Tercanggih Pengobatan Kanker Untuk Rumah Sakit di Gaza

Kerajaan Arab Saudi memberikan bantuan dua perangkat radioterapi yang dapat digunakan untuk pasien kanker senilai $ 4 juta kepada Rumah Sakit Al-Mathla’ di Gaza, Palestina.

Dr. Waleed Namour, General Manager Rumah Sakit Al-Mathla’, mengatakan, “kami berterima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Arab Saudi atas hibah ini. Kedua perangkat ini akan memberikan layanan terapi radiasi kepada sebanyak mungkin pasien kanker dan untuk memenuhi kekurangan terapi radiasi yang akut di Palestina.”

Namour juga menekankan bahwa hibah ini merupakan investasi nyata untuk layanan kesehatan, untuk melayani pasien warga Palestina. Nampur juga menjelaskan bahwa perangkat hibah Arab Saudi tersebut, dikenal sebagai akselerator linier (LINAC) yang digunakan untuk mengobati pasien kanker tumor radiasi di semua organ tubuh.

Dalam kesempatan yang sama, Namour mengatakan bahwa rumah sakit Mathla’ kini satu-satunya yang menyediakan layanan radiologis untuk rakyat Palestina di Quds dan Tepi Barat dan Gaza. Tanpa perangkat ini, pasien kanker harus pergi ke Israel untuk pengobatan dengan semua biaya yang harus ditanggug serta suasana lingkungan yang berbeda. Dia juga menegaskan bahwa perangkat ini adalah yang terbaru dalam ilmu terapi radiasi untuk pasien kanker.

Sementara itu, Pendeta Mark Brown, perwakilan Serikat Lutheran di Palestina, menekankan pentingnya alat tersebut di rumah sakit, karena akan memperbaiki kualitas layanan yang diberikan kepada pasien kanker yang dipindahkan dari Kementerian Kesehatan Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Dia juga menambahkan bahwa fasilitas terapi radiasi di rumah sakit telah diperlengkap dan diperluas yang memungkinkan mengurangi antrian pasien dan masa perawatannya, serta memberikan perawatan yang optimal. Saat ini rumah sakit Mathla’ memiliki satu unit radioterapi lama dan dua perangkat baru, yang dapat berdampak untuk meningkatkan kualitas layanan medis pasien.

Dr. Fadi Al-Atrash, Direktur Bagian Terapi Radiasi di al-Mathla, mengatakan bahwa kedua perangkat baru ini akan memberi lompatan kuantum dengan peralatan terkini, paling canggih dan akurat untuk perawatan radiasi dalam hal teknologi dan kualitas layanan yang diberikan kepada semua pasien. Al-Atrash juga mengucapkan banyak terima kasih atas hibah dari Arab Saudi terebut, karena akan sangat membantu proses penyembuhan penyakit yang diderita pasien di Palestina.

Sebagaimana diketahui, bahwa Rumah Sakit al-Mahtla di Gazza merupakan rumah sakit pertama dan satu-satunya di bidang onkologi dan pengobatan kanker, termasuk penyakit darah. Rumah sakit ini juga menjadi satu-satunya yang memberikan perawatan radiasi untuk pasien kanker pindahan dari Kementerian Kesehatan Palestina dari Tepi Barat dan Jalur Gaza. arlb

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*