30 Juz Atau 30 Miliyar?

Anda pilih mana, jika dihadapkan pada takdir diatas, di usia belia diberi kemampuan hafal quran secara sempurna atau memiliki gaji miliaran? Sulit ya jawabnya, karena sama-sama menggiurkan.

Keduanya terlahir dari keluarga yang berorientasi dan visi misi super, yang satu dalam urusan akherat, satu lagi urusan dunia, sejak usia 5 tahunan, keduanya sudah dikenalkan ilmu, satu ilmu Al Quran, satu lagi ilmu komputer.

Kedua-duanya jenius, orangtuanya pun lebih jenius, penonton bingung, kok bisa yaaa, di usia mereka yang masih belasan sudah menorehkan banyak prestasi.

Hamza el Habasy keturunan Arab domisili Amerika, juara pertama hafalan 30 juz di Amerika, dan masuk 5 besar tingkat dunia di Dubai mewakili Amerika, memiliki ijazah Quran riwayat Hafsh ‘an Ashim dan sederet kebanggaan lainnya.

Tanmay Bakshi keturunan India domisili Kanada, ahli IT, saking hebatnya Google Amerika rela menggaji hebat dirinya (di atas 1 M/bulan), ia juga banyak memberikan masukan, motivasi terkait perkembangan terkini di bidang teknologi melalui akun miliknya.

Pernah suatu kali mereka di wawancara, seraya heran, terkagum dari si penanya,

“Hey, siapa seh sebenarnya yang ngajarin km? Kamu sekolah ga seh?

Sederhana jawabannya, saya tidak sekolah secara formal (sekolah di rumah), ayah sayalah yang membimbing saya!

Hikmahnya apa…….?

Kehebatan bahkan kerusakan seorang anak itu akibat orangtua, khususnya ayah.

Jika ayahnya pandai mendidik, niscaya anaknya akan lebih hebat dari ayahnya, namun jika lalai, maka siap-siaplah untuk menyesal.

Para ulama sepakat bahwa kerusakan anak-anak, faktor terbesar adalah ayah, lalu kemana peran ibu?

Dalam hal ini, ibu biasanya lebih nyaman menjadi tempat bersandar dan curhatan sang anak, adapun pendidikan karakter, ketegasan, dan masa depan, kendali ada di tangan para ayah.

Ada sebuah ungkapan,

“Ibu adalah madrasah terbaik baik sang anak, namun sebaik-baik madrasah tergantung kepala sekolahnya, dan kepala sekolah itu adalah seorang ayah”.

Bagaimana, mau pilih mana, 30 juz atau 30 miliar?

Berikut cuplikan video kedua anak jenius:

(1) Hamza el Habasy:

(2) Tanmay Bakshi

*) Sumber Tulisan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*