Mega Upaya Arab Saudi Terhadap Masjidil Haram Makkah dan Masjid Nabawi Madinah

Kerajaan Arab Saudi, sejak berdiri hingga sekarang dan seterusnya senantiasa melakukan berbagai upaya dengan seluruh kemampuannya untuk memberikan pengabdian dan pelayanan kepada Dua Masjid Suci dan menghilangkan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh para jamaah haji.

Langkah ini merupakan peran kehormatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi di bawah kepemimpinan Pelayan Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdul Aziz, di mana sejak berdirinya Arab Saudi telah memberikan contoh tersendiri dan belum ada sebelumnya dalam hal memberikan pelayanan ibadah kepada para jamaah haji dan umroh.

Pengabdian ini semata-mata timbul dari akidah dan keimanan yang kuat akan pentingnya memberikan pelayanan terbaik dan melakukan kiat-kiat untuk memudahkan pelaksanaan ibadah haji.

Kerajaan Arab Saudi menolak upaya-upaya mempolitisasi haji, dan tidak akan pernah mau menerima upaya untuk menginternasionalisasi manajemen Dua Masjid Suci, karena Pemerintah Arab Saudi melakukan perannya secara prima dalam melayani para jamaah haji dan umroh.

Setiap upaya untuk menginternasionalisasi manajemen Dua Masjid Suci akan ditolak mentah-mentah, yaitu upaya yang dilakukan oleh organisasi-organisasi yang dinilai sebagai penjual permasalahan ummat dan berusaha untuk menjelek-jelekkan citra Kerajaan Arab Saudi.

Patut ditegaskan bahwa Kerajaan Arab Saudi telah dan masih serta akan terus menjadi satu-satunya pihak yang berkepentingan dengan manajemen Dua Masjid Suci dan penyelenggaraan ibadah haji dan umroh serta menjamin keamanan Dua Masjid Suci yang merupakan garis merah yang tidak akan dibiarkan dan dikomersilkan ataupun diganggu.

Di samping itu, Kerajaan Arab Saudi juga tidak pernah lambat mengerahkan seluruh fasilitas dan kekayaannya, baik kekayaan sumber daya manusia maupun kekayaan materi untuk kepentingan pengembangan dan perluasan proyek-proyek Dua Masjid Suci, Masjidil Haram Makkah dan Masjid Nabawi Madinah.

Ditulis oleh Unsil Habib, senior staf lokal Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Riyadh

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*