Al-Muthairi, Saudi Pertama yang Tersenyum di Foto KTP

Kejumudan dan wajah tanpa senyum di foto Kartu Tanda Penduduk (Bithoqoh a-Wahiyah al-Wathaniyah) warga Saudi terpecahkan sudah.

Setelah menjadi perdebatan viral di tweeter, pemilik foto tersenyum tersebut, Muhammad al-Muthairi, mencoba menjelaskan latar belakang mengapa fotonya untuk KTP menjadi tersenyum.

Al-Muthairi mengatakan bahwa dirinya saat itu dalam keadaan kerepotan untuk mengatur waktu pengambilan foto untuk KTP-nya. Bahkan saat tiba di tempat pemotretan, dia terlambat hadir dan lupa mengenakan simagh (penutup kepala khas orang Arab).

Ketika tiba sesi pemotretan, dia merayu petugas Catatan Sipil dan fotografer saat itu dengan senyumnya yang khas sambil meminjam simagh dan ‘iqalnya (pengikat simagh di kepala) agar bisa dimulai pengambilan foto dirinya.

Setelah siap, al-Muthairi juga meminta izin agar diperbolehkan difoto sambil tersenyum. Akan tetapi petugas pembuatan KTP saat itu mengingatkan bahwa foto resmi harus tanpa tersenyum.

Akan tetapi al-Muthairi menjelaskan bahwa dirinya terbiasa tersenyum kepada siapa saja yang ditemuinya, sambil meyakinkan, “bagaimana foto KTP tidak menunjukkan diri saya yang sesungguhnya?”

Setelah dirayu demikian, petugas pembuatan KTP memutuskan, “kholash…. boleh difoto sambil tersenyum tetapi ringan saja, jangan sampai menunjukkan gigi taringmu.”

Maka saat tiba diambil fotonya, al-Muthairi tersenyum sebagaimana biasanya, sampai-sampai petugas Catatan Sipil di sekelilingnya pun ikut tertawa.

Fotonya pun selesai dicetak di KTP, dengan gambar dirinya sebagaimana kebiasaanya, senang tersenyum mencintai hidupnya dengan suka cita. mz-mz.net

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.