100 Juta Dollar Kembali ke Negara Hasil Penyelesaian Kasus Korupsi di Arab Saudi

Wakil Umum Ketua Komisi Tinggi Pemberantasan Korupsi, Syaikh Su’ud al-Ma’jab, menyatakan telah berhasil mengembalikan uang lebih dari 100 juta dollar ke kas neagara dari hasil penyidikan kasus korupsi yang melibatkan banyak pangeran, pejabat negara dan pengusaha besar di Arab Saudi.

Keterangan tersebut disampaikannya pada hari Selasa (30/1) semenjak penangkapan besar-besaran bulan November tahun lalu. al-Ma’jab menambahkan, “jumlah uang yang berhasil dikembalikan saat ini telah melebihi 400 juta reyal (106 juta dollar), yang terdiri dari berbagai macam sumber, seperti berupa real estate, perdagangan, surat berharga, uang tunai, dan lain sebagainya.”

Nilai yang sangat besar tersebut akan dibayarkan kepada pemerintah yang dapat memperkuat neraca negara Saudi di tengah lesunya perekonomian sejak turunnya harga minyak bumi dunia.

Sebagaimana keterangan yang disampaikan Syaikah Su’ud al-Ma’jab, sebanyak 381 orang dipanggil oleh Komisi Pemberantas Korupsi atas perintah raja, untuk pembuktian dan memberikan bukti serta persaksian.

Sementara proses penyidikan atas orang yang dituduh melakukan korupsi dinyatakan telah selesai. Di antaran tertuduh dibebaskan setelah dapat membuktikan tidak bersalah, pengembalian uang terkait korupsi dan meneruskan proses hukum bagi yang terbukti melakukan korupsi. akbaar24, eremn

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.