Di Jeddah, Toilet Umum Berbayar Sejak Tahun Lalu

Beberapa waktu terakhir, media sosial di Arab Saudi ramai dengan gambar pemasangan papan informasi tarif 2 – 7 reyal untuk menggunakan toilet umum di Jeddah. Netizen pun ramai berkomentar dan bertanya.

Ada yang menganggap biaya menggunakan toilet umum tersebut ada hubungannya dengan kebijakan pemerintah Arab Saudi yang memberlakukan PPN dan mencabut subsidi BBM mulai tahun 2018. Yang lainnya, dengan nada kesal, menganggap Saudi sudah jatuh miskin, maka mencari dana dengan membuat tarif toilet tersebut.

Maklum, selama ini, baik warga Saudi maupun ekspatriat selalu menikmati gratis saat menggunakan toilet di manapun, sebagaimana juga mengunjungi tempat rekreasi keluarga seperti taman dan pantai. Tetapi begitu viral foto pemasangan tarif tersebut, terkesan banyak yang protes, tidak setuju.

Padahal, pemberlakukan toilet berbayar sudah dilaksanakan sejak tahun lalu, tahun 1438 H (2017 M). Media massa lokal pun mengangkat berita ini pertengahan bulan Oktober 2017.

Sebagaimana yang dikutip dari almowaten.net misalnya, dilaporkan bahwa Pemerintah Kota Jeddah memulai menetapkan tarif toilet umum di 3 lokasi umum dan 5 taman.

Ghassan Al-Zahrani, Juru Bicara Pemkot Jeddah, mengatakan “Penarifan toilet ini dilakukan untuk menjawab komplain kurang terjaganya kebersihan dan fasilitas toilet dan aksi coret-coret yang tidak bertanggung jawab (vandalism).”

Untuk itu, pengelolaannya diserahkan kepada pihak swasta, sehingga akan selalu dijaga kebersihan serta fasilitasnya agar tetap berfungsi, imbuh Zahrani.

Dia juga menegaskan, jika pengguna toilet mendapati pelanggaran atau tidak nyaman dipakai, seperti kurang bersih atau kurang terawatnya fasilitas yang ada, maka Pemkot akan memberikan denda dan hukuman kepada pengelolahnya, sesuai kesepakatan yang dibuat.

Pengguna toilet berbayar dapat menyampaikan keluhan, pengaduan atau laporan dengan menelpon ke nomor 940. jll

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.