Pemerintah Provinsi Makkah Membantah Viral Iklan Kursus Tarian Perut di Jeddah

Beredar viral di twitter dan media sosial lainnya iklan untuk mengikuti kursus tarian perut yang diasuh oleh seorang penari Mesir, Fifi Abduh di Jeddah. Dalam iklan tersebut, disebutkan pembukaan pendaftaran bagi wanita dan laki-laki dibuka mulai 17 sampai dengan 25 Februari 2018 dengan membayar biaya pendaftaran sebesar SAR 300.

Dalam poster iklan itu juga menyebutkan peserta akan mendapatkan sertifikat resmi dan kontak personnya melalui email orianted. dance@info.com.

Setelah menyebar beberapa waktu, Pemerintah Provinsi Mekkah menanggapi dengan memerintahkan pihak keamanan untuk memburu orang yang menyebarkan iklan yang tidak bertanggung jawab tersebut. Media “Okaz” juga memuat laporan bahwa rumor kursus tarian tersebut tidak berdasar dan terancam dengan undang-undang penyebaran berita dusta dan ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik).

Penasihat Hukum Fahad Mahboub mengatakan bahwa dalam Pasal VI yang membahas hukuman atas kejahatan elektronik atau informasi, mengatakan bahwa pelaku dapat dijatuhi hukuman penjara maksimal 5 tahun dan denda maksimal SAR 3 juta atau salah satu dari kedua hukuman tersebut. Dia menambahkan bahwa kejahatan mempromosikan “kursus palsu” tersebut, termasuk pelanggaran UU ITE.

Sementara itu, artis Fifi Abduh telah membantah dan mengatakan dalam sebuah pernyataannya kepada Erm News, “Saya belum pernah mendengar pembicaraan ini sebelumnya, dan semua rumor ini bermaksud konyol.”

“Ada kursus tari oriental di bawah bimbingan saya, tapi saya belum pernah sama sekali memberikan kursus di Jeddah atau seluruh kota Arab Saudi pada umumnya,” jelasnya, sambil meminta media agar lebih teliti dalam menukil keakuratan berita yang disebarkan.[]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*