Aplikasi Daftar Online dan Informasi Pelayanan KBRI Riyadh

Bagi warga negara Indonesia yang bermukim di Provinsi Riyadh dan Timur Arab Saudi, kini lebih mudah mendapatkan pelayanan dan informasi Kedutaan Besar Arab Saudi (KBRI) Riyadh dengan aplikasi di telepon genggam.

Tim Konsuler KBRI Riyadh sejak beberapa waktu lalu telah merilis aplikasi daftar online dan informasi pelayanan KBRI yang terakhir diperbaharui 22 November 2017.

Sebagaimana yang disampaikan dalam catatan informasi terbaru, aplikasi ini masih dalam tahap proses penyempurnaan dan baru tersedia untuk smartphone berbasis android.

Tim penyusunnya pun siap menerima masukan dan saran yang dapat disampaikan via email ke mobile.riyadh2017@gmail.com.

Berikut fitur yang dapat dimanfaatkan dari aplikasi KBRI Riyadh:

  • Permohonan Paspor Baru
  • Lapor Diri
  • Informasi Terbaru
  • Jadwal Pelayanan Luar Kota
  • Hotline KBRI Riyadh

Mulyanto Sastrowiranu, Sekretaris Kedua/ PF Protkons 2 di KBRI Riyadh dalam pesannya di WA menyampaikan, “Salah satu kegunaan aplikasi tersebut adalah input data untuk WNI yang mau memperpanjang paspor ketika ada pelayanan di daerah.” Dia menambahkan, “Dengan sistem yang ada saat ini (SIMKIM), pemohon paspor (pelayanan di daerah) datang 3 kali, yakni, penyerahan berkas, pengambilan sidik jari dan foto, dan pengambilan paspor.”

“Insya Allah, kalau ada even-even penting, akan kami kirimkan juga melalui aplikasi, jadi sama seperti kirim pesan lewat SMS atau Whatsapp.” imbuh Mulyanto.

Dia juga menyampaikan bahwa pembuatan apikasi ini baru dibuat secara swadaya, belum menggunakan anggaran KBRI. Meskipun demikian, “kami akan terus coba kembangkan aplikasinya sesuai dengan kebutuhan,” semangat Mulyanto.

Silahkan unduh aplikasinya di sini.[]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*