Madinah, Kota Pusat Parfum Dunia

Sudah tidak asing lagi bahwa parfum merupakan bagian dari kehidupan seorang muslim. Terutama ketika dipakai untuk beribadah, bahkan menjadi sunnah dengan memperbanyak menggunakan parfum.

Disebutkan bahwa Rasulullah shalaAllahu alaihiwasallam banyak memakai parfum hingga meninggalkan bekas di rambut dan jubah beliau yang mulia.

Tetapi parfumlah yang semakin harum karena tersentuh jasad beliau, karena jasad Nabi shallallallahu ‘alaihi wa sallam harum, sebagaimana yang disaksikan para sahabat radhiyallahu ‘anhum.

Tidak heran jika Allah berkali-kali menyebutkan parfum di dalam al-Quran, terutama al-Misk (musk, dalam bahasa inggris).

Jenis Parfum

Jenis parfum mahal di dunia ada tiga macam, yaitu:

  1. al-Misk (musk)
  2. Gaharu (agarwood)
  3. Anbar (ambergis)

Apa itu Misk? 

Al-Misk banyak disebutkan dalam Al-Quran. Bahannya diperoleh dari hewan mirip rusa yang hidup di daerah dingin di Tibet. Dari bagian pusar hewan tersebut, sebagai tanda bagi jantan untuk mengawini betinanya yang ia gosok-gosokkan ke batu karena gatal. Kemudian pencari misk mengumpulkannya dari batu batu itu.

Cara penggunaannya langsung dipakaikan ke tangan, tubuh dan rambut. Atau dicampur ke inti parfum lain dan dibiarkan selama minimal 3 bulan agar bersatu, karena asalnya berbentuk bubuk jika kering.

Aroma misk sangat harum, kuat dan tajam. Sebagian hidung tidak mampu menciumnya karena saking harumnya dan perlu dicairkan lagi agar sesuai di hidung.

Harganya satu gramnya, bisa tembus sampai Rp 15 juta untuk jenis yang super. Sementara jenis yang biasa per-gram dapat dijual sekitar Rp 2 juta, yang hanya tersedia di pasar-pasar parfum mewah seperti di Arab Saudi, Negara Teluk atau Eropa.

Adapun misk lain yang dijual di pasar-pasar kita, bukanlah misk asli, melainkan hanya parfum bias, hanya saja diberi merk misk.

Apa Itu Gaharu?

Gaharu adalah kayu termahal di dunia. Karena ia adalah komoditi utama yang paling dicari seluruh perusahaan parfum internasional terutama Arab dan China.

Gaharu adalah sebuah resin (getah antibodi) dari pohon gaharu yang ketika diserang penyakit ia mengeluarkan getah itu untuk melindungi diri.

Hampir semua parfum mewah Prancis memakai gaharu untuk menambah kesan aromatik dan wibawa.

Bahkan gaharu ini telah memiliki sejarah yang sangat panjang sejak zaman Fira’un. Imam Syafii sendiri bersenandung dan membuat syair dengan menjadikan gaharu sebagai contohnya.

Di Arab Saudi, penggunaan gaharu sudah menjadi budaya yang begitu melekat dalam kehidupan sehari-harinya. Terutama dalam acara pernikahan, hari raya, shalat lima waktu, di dalam rumah, dan di Masjid Al Haram dan Nabawi.

Harganya sangat mahal, bisa mencapai USD 5000 perkilo untuk kualitas terbaik. Bahkan ada yang menjual dengan harga Rp 1 miliar untuk 1 kilogram.

Gaharu saat ini sangat sulit ditemukan karena maraknya pembalakan liar dari orang-orang yang membuka lahan yang tidak tahu menahu gaharu.

Mereka membakarnya saja seperti pohon lain, kemudian ketakutan saat muncul harum di sekitar pembakaran lahan tersebut, disangkanya mucul hal mistik.

Ambergis, Muntah Paus yang Mahal

Ini juga bahan dasar parfum mewah dunia. Berasal dari muntahan ikan paus yang berbentuk batu yang sangat bau busuk karena hidung manusia belum mampu menciumnya.

Namun setelah diolah akan muncul harum yang sangat kuat dan tajam. Harganya pun sangat mahal, pelelangan Amber di Eropa bisa menjualnya hingga puluhan miliar.

Cara Memakai Parfum

Parfum dapat dioleskan pada beberapa titik panas tubuh yakni di bawah leher, lipatan siku, dan pergelangan tangan.

Parfum Khas Aroma Makkah dan Madinah

Jika Anda sdang umrah, merk parfum di bawah ini dapat direkomendasikan:

  • Misk Al Madinah
  • Oud / Gaharu
  • Misk Abyad
  • Alfu zahroh
  • Kholij
  • Sandal Rose
  • Full فل
  • Khalej
  • Mukhalat Malakki
  • Dan lain lain

Ini adalah sedikit daripada daftar parfum parfum aroma Syarqiyah, aroma khas Timur Tengah.


Admin Suara Madinah

Gambar : Koleksi yang bisa dicari disekitar Masjid Nabawi ketika anda Umrah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*