Foto: Beginilah Karpet di Masjidil Haram Dibersihkan

Sebanyak 30 ribu karpet hijau, dibentangkan menutup lantai area Masjdil Haram al-Makki yang luas, total panjang karpet mencapai 100 kilometer.

Pelayan Dua Masjid Suci (Khadimul Haramain) secara khusus memberikan perhatian terhadap perawatan Masjidil Haram. Untuk itu,  dibentuk departemen khusus yang kompeten untuk mengurus karpet berwana hijau ini.

Di antara bentuk perhatian tersebut, karpet selalul diberi wewangian beraroma mawar sehingga pengunjung Baitullah dapat menjalankan ibadahnya dengan nyaman dan khusyu’.

Pembersihan Debu, Desinfektan dan Pembilasan Otomatis

Operasi pembilasan harian dilakukan melalui lima tahap di Depot Manajemen Disinfeksi di Distrik Kudai Makki.

Pada tahap pertama, debu dan bintik-bintik dikeluarkan dari karpet oleh mesin modern yang canggih. Tahap kedua adalah mencuci karpet dengan disinfektan melalui mesin modern yang bekerja secara efisien dan cepat tanpa tangan manusia.

Kemudian dibilas dan ditempatkan di jembatan yang bergerak ke tahap ketiga, untuk mengeringkan karpet secara otomatis untuk 3 karpet setiap 1,5 menit.  Kemudian para pekerja membentangkan karpet di bawah sinar matahari, selama satu hari penuh jika musim panas dan dua hari pada musim dingin.

Pembersihan, Perawatan dan Penyemprotan Aroma Wangi Mawar

Fase terakhir karpet dibersihkan dengan hati-hati untuk menghilangkan debu yang kemungkinan terjebak di bagian lipatan karpet. Pengerjaannya dilakukan dengan sangat cermat dan seksama. Sebelum disemprot dengan wewangian beraroma mawar, dilakukan cek kebersihannya lagi. Demikian proses pencucian dan desinfeksi berakhir.

Pengawas tempat cuci dan gudang karpet, Mohammed Al-Otaibi, mengatakan bahwa tempatnya menerima setiap hari 200 karpet. Setiap karpet yang tiba diurutkan, diproses dan dipelihara secara berkala di bawah tangan-tangan yang terlatih. AlAr

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.