Istighfar Karena Salah Kaidah Bahasa Arab

Dikisahkan bahwa apabila Ayyub as-Sikhtiyani salah kaidah dalam bahasa arab maka ia mengatakan : Astaghfirullahal ‘adzim – أستغفر الله العظيم.

Maksudnya apabila ia salah menggunakan kaidah bahasa arab, misalnya yang seharusnya dhommah difathahkan maka ia beristigfar, lantaran khawatir telah merubah bahasa Alquran. (Diriwayatkan di kitab Idhahul waqf, Al-Gharib karangan Al-baghdadi 1/61 dan Akhbar An-Nahwiyin karangan Imam Al-muqri Hal.31 )

Belajar Bahasa Al-Quran, Kenapa?

  1. Itu bahasanya Allah di dalam kitabNya.
  2. Bahasa Rasulullah dan para sahabatnya.
  3. Bahasa Para Ulama’ dan Thalibul ilmi.
  4. Bahasa persatuan umat islam dimanapun, kapanpun dan siapapun mereka.
  5. Bahasa Arab adalah bahasa peradaban dunia.

Tips Belajar Bahasa Arab

  1. Bahasa arab tidak bisa dipelajari Part Time atau paruh waktu, maka luangkan waktu anda sebulan atau seminggu untuk konsentrasi belajar.
  2. Perlu waktu bukan hanya otodidak dan modal kamus saja, namun perlu guru.
  3. Jangan pingin murah, cepat dan gampang. Karena bahasa arab bukan mie instan, tapi anda perlu semangat, biaya waktu dan pengorbanan.
  4. Praktekan sesama, Catat kosa kata dalam buku notes (bukan hp) dan baca terjemahan AlQuran.
  5. Jangan samakan usaha anda belajar bahasa arab seperti usaha dunia. Tapi ketahuilah belajar bahasa arab adalah IBADAH. Balasan utamanya nanti di akherat.
  6. Beli kitab-kitab berbahasa arab walaupun anda belum bisa, supaya menjadi motivasi belajar.
  7. Berkeinginanlah untuk faham Doa anda, shalat anda, serta bacaan AlQur’an anda, jangan hanya menjadi pembaca AlQuran namun tak faham, maka sangat merugi.
  8. Terjemahkan tulisan Arab secara konteks kemudian lihatlah kamus untuk membenarkannya.
  9. Ketahuilah dan yakinlah firman Allah :” Dan Orang-orang yang berjihad di jalan kami, benr-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik”. (QS. Al Ankabut 69).
  10. Ketahuilah, belajar agama dari buku terjemahan hanya akan membuat anda menggekor pendapat orang, berarti anda memahami apa yang difahami penerjemah. Namun setelah anda bisa bahasa arab, maka ketahuilah kitab itu ada dua macam: ada yang baik dan ada yang buruk maka waspadalah syubhat dan berpeganglah kepada AlQuran dan Sunnah serta jauhi sifat takabur dari mengikuti arahan Ulama.

—–

MADINAH , 27-2-1436 H

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.