Arab Saudi dan Pakistan Memantapkan Kerjasama Pertahanan

Wakil Menteri Pertahanan Arab Saudi, Mohammed bin Abdullah Al-Aysh, pada hari Selasa (12/12) bertemu dengan Menteri Pertahanan Pakistan, Khurram Dastgir, guna membahas hubungan bilateral dan kerja sama pertahanan kedua negara.

Selama pertemuan di Islamabad, Dastgir kembali menegaskan komitmen Islamabad untuk menjaga integritas teritorial Arab Saudi dan Dua Masjid Suci.

Kementerian Luar Negeri Pakistan mengatakan bahwa Al-Aysh sedang meminta dukungan Islamabad untuk melatih angkatan bersenjata Arab Saudi, terutama dalam kontraterorisme, peperangan asimetris dan pertempuran di pegunungan.

Sementara Islamabad berharap peran diplomasi Arab Saudi dalam menangani pelanggaran gencatan senjata di sepanjang Jalur Kendali di Kashmir, sebagaimana yang dijelaskan kementerian tersebut.

Dastgir mengatakan bahwa kedua negara menunjukkan kemajuan dalam hubungan pertahanan yang komprehensif dan menyepakati kerja sama antar lembaga tinggi pertahanan nasional yang dapat diformalkan untuk memperluas kerjasama dalam perencanaan strategis.

Dalam kesempatan tersebut, Datsgir tidak lupa mengucapkan selamat kepada Putra Mahkota, Mohammed bin Salman, atas keberhasilannya mengadakan pertemuan tingkat menteri Koalisi Militer Islam Kontra Terorisme (IMCTC). Dastgir sendiri mewakili Pakistan pada pertemuan pertama IMCTC yang baru terbentuk di Riyadh pada 26 November lalu.

Pekan lalu, Islamabad juga menyatakan keprihatinannya yang serius atas serangan rudal balistik yang kedua ke Arab Saudi dari Yaman.

Kementerian Luar Negeri Pakistan mengatakan bahwa pemerintahnya “mengecam keras serangan tersebut dan memuji tindakan yang tepat waktu oleh pasukan Saudi untuk menghadang rudal tersebut, sehingga mencegah hilangnya nyawa.” AN

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*