Kini Pekerja Migran di Sektor Perumahan Harus Memiliki Rekening Bank Untuk Menerima Gaji

Kementerian Tenaga Kerja dan Pertumbuhan Sosial Arab Saudi hari Sabtu (9/12) ini, meluncurkan program perlindungan gaji pekerja migran di sektor perumahan dengan mengharuskan setiap pekerja memiliki kartu deposit (prepaid) untuk menerima gaji bulanan. Program ini dimaksudkan agar para sponsor (majikan) membayar gaji pekerja rumahan melalui rekening bank, untuk menjamin penerimaan gajinya.

Juru Bicara Kemenaker Arab Saudi, Khalid Aba Khail menjelaskan, “program ini akan menjaga hak-hak kedua belah pihak sekaligus, majikan dan pekerja. validasi perjanjian kerja dilakukan secara online, memperbaiki suasana kerja, dan meningkatkan rasa aman dalam bekerja.” Ditambahkannya, bahwa hal ini juga memperkuat prinsip hak asasi manusia. “Program ini akan segera rampung dalam 6 bulan sejak hari ini.” Tegasnya.

Aba Khail juga menerangkan bahwa mulai hari ini, setiap majikan agar segera menerbitkan kartu prepaid untuk pekerjanya. Selain itu, diharuskan masuk ke sistem musaned, untuk membuat kontrak kerja secara online.

Pihak kementerian memberi batas kepada majikan yang memiliki pekerja di rumahnya, selama 6 bulan sejak kedatangan pekerja di Arab Saudi untuk memenuhi program baru tersebut. Layanan online musaned dapat juga diunduh programnya melalui smartphone. akhbaar24

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.