Saudisisasi Untuk Lima Sektor Pekerjaan Baru

Menteri Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial Arab Saudi, Ali Al-Ghofish, kembali membuka peluang bagi generasi mudanya untuk bekerja di lima sektor baru. Kelima sektor tersebut adalah bidang perdagangan, perekonomian, industri, pertanian, dan pelayanan jasa.

Al-Ghofish menjelaskan ke harian al-Watan, bahwa akan segera dilakukan rapat untuk memastikan saudisisasi pada lapangan pekerjaan baru tersebut. Dia juga menyampaikan bahwa setiap daerah melakukan studi untuk mempelajari wilayah kerja yang tepat guna saudisasi.

Menaker Al-Ghofish memastikan bahwa persentase pekerja dari warga saudi beranjak naik setiap minggunya dengan penempatan kerja pemuda dan pemudinya untuk bekerja di sektor baru tersebut.

Sejak digulirkannya saudisasi mulai tahun 2015, Menaker Saudi telah menentukan 19 jenis jabatan pekerjaan yang tidak boleh diisi oleh orang asing (ekspatriat). Di antara jabatan pekerjaan tersebut adalah chief administrator of human resources, kepala personalia, direktur urusan pekerja, direktur hubungan masyarakat, sekretaris kepegawaian, keamanan, resepsionis, kasir and sekretaris.

Menurut kolumnis Omar Abdullah Khayat, data yang terekam menunjukkan 79.74% pencari kerja warga Saudi sebelumnya telah menganggur selama 14 tahun, dengan jumlah wanita sebanyak 55.1%. Berdasarkan jenis kelaminnya, jumlah tersebut termasuk 398 ribu perempuan dan 324 ribu laki-laki warga Saudi yang mengganggur. (watan, akhbar24, saudigazzete)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*