Seruan Raja Salman untuk Shalat Istisqo

Khadimul Haramain Syarifain, Raja Salman bin Abdul Aziz, menyeru kepada seluruh masyarakat di Arab Saudi untuk mendirikan shalat istisqa (memohon hujan turun) pada hari Senin (6/11) di seluruh penjuru wilayah Arab Saudi.

Seruan ini sebagaimana yang dirilis oleh ad-Diwan al-Malaky:

“Untuk meneladani sunnah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka Khadimul Haramain Syarifain, Raja Salman hafizahullahu wa ra’ahu, menyeru agar ditegakkan shalat istisqa di seluruh wilayah Arab Saudi.

Shalat istisqa’ dilaksanakan pada hari Senin, 7 Shafar 1439, sesuai penanggalan Ummul Qura.

Maka bagi seluruh masyarakat agar memperbanyak taubat dan istighfar, kembali ke Allah Subhanahu, memperbanyak berbuat baik kepada sesama hambaNya, memperbanyak ibadah sunnah sebagai bentuk ketaatan dengan sedekah, shalat dan berzikir. Juga berbuat kemudahan bagi sesama hamba Allah dan membantu mengeluarkan dari kesulitan yang menderanya. Semoga Allah memudahkan segala kesulitan kita dan mempermudah urusan apa saja yang kita inginkan.

Sangat dianjurkan bagi yang mampu, untuk mendirikan shalat istisiqa, agar menghidupan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menunjukkan kefakiran kita terhadap Allah Jalla wa ‘Ala, dengan merengek dalam berdoa, karena sesungguhnya Allah mencintai hambaNya yang memperbanyak dan berharap saat berdoa.”

Kita memohon kepada Allah yang Maha Kuasa agar melimpahkan rahmatNya bagi negara dan rakyatnya, semoga Allah menerima doa-doa hambaNya, menjadikan apa yang diturunkan merupakan rahmat yang menyenangkan bagi masyarkatnya. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar dan Menjawab doa hambaNya, shalawat dan salam kepada Nabi Muhamamd shallallahu alaihi wa sallam beserta keluarga dan para sahabatnya.”

Anjuran untuk shalat istisqa juga disampaikan ke setiap wali murid di sekolah-sekolah Arab Saudi. Sebagaimana yang dishare oleh salah seorang warga Indonesia yang putranya duduk di Sekolah Dasar (Ibtidaiyah) di Riyadh. Pesan singkat melalui telepon genggam tersebut berbunyi:

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بإذن الله ستقام صلاة الاستسقاء صباح الغد الاثنين بالمدرسة نآمل أن يكون الطالب على وضوء.

 

Assaalamu’alaikum wa rohmatullohi wa barokatuhu,

Dengan izin Allah, akan dilaksanakan shalat istisqa pagi hari besok Senin di sekolah. Kami beraharap siswa yang datang di sekolah sudah berwudhu terlebih dahulu sejak dari rumah.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pasca musim panas yang panjang, shalat isitisqa dilaksanakan di lapangan atau masjid yang biasa diadakan shalat Eid Fitri atau Adha.[]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.