Ekspatriat yang Digratiskan dari Dependents Fee

Sejak ditetapkan tanggal 1 Juli 2017, seluruh keluarga yang tinggal di Arab Saudi wajib membayar “fee” untuk setiap orang perbulan. Tetapi, ada yang dikecualikan alias digratiskan dari biaya tersebut. Siapa sajakah mereka?

Bekerja di Kantor Pemerintah. Ekspatriat yang bekerja di salah satu departemen pemerintah Arab Saudi, keluarganya tidak diwajibkan membayar pajak bulanan. Hal ini telah dibuktikan bahwa tidak ada tanggungan dalam sistem (Absher) bagi ekspatriat karyawan kantor pemerintahan. Kantor Imigrasi dan Direktorat Paspor juga telah mengkonfirmasi atas hal tersebut.

Memiliki Orang Tua Berwarganegara Saudi. Anggota keluarga yang salah satu orang tuanya, bapak atau ibu, bewarganegara Arab Saudi, maka anaknya dibebaskan dari pembiayaan tinggal di Saudi.

Janda dari Suami Warga Saudi. Jika seorang ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi dicerai atau ditinggal mati suaminya yang berwarganegara Saudi, maka dia tidak dibebani dependent fee.

Istri dari Warga Saudi. Jika seorang warga Saudi memiliki istri yang dari warga negara lain (non Saudi), maka istri tersebut tidak akan dikenai biaya bulanan sebagaiman kewaijban ekspatriat pada umumnya.

Tidak Pernah Berpergian dari Arab Saudi Selama 40 Tahun. Bagi ekspatriat yang telah lama menetap di Saudi dan tidak pernah melakukan safar ke luar dari negara Arab Saudi, maka tidak termasuk dari daftar yang diharuskan membayar fee bulanan.

Pelajar Asing di Arab Saudi. Ekspatriat yang berstatus (profesi dalam visa) sebagai seorang pelajar atau mahasiswa yang sedang menimba ilmu di Arab Saudi, tidak termasuk dari daftar pembayar dependent fee.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.