Jenis-jenis Pelanggaran Keimigrasian Arab Saudi

Berikut beberapa istilah dalam bahasa Arab yang biasa digunakan untuk menyebutkan jenis pelanggaran keimigrasiaan di Arab Saudi yang dirilis Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah.

Tasattur/Mutasatir: Berkumpul atau serumah dengan pekerja ilegal. Jenis hukuman akan ditangkap dan dibawa ke penampungan tarhil kemudian ditahan selama 1-3 bulan. Jika tinggal serumah bukan dengan pasangan sahnya, maka akan dijebloskan ke penjara umum dengan tuduhan kasus akhlaqiyah.

Iwa’: Menampung pekerja ilegal di rumahnya atau menyewakan rumah untuknya. Jenis hukumannya adalah ditangkap dan dibawa ke penampungan tarhil dan ditahan selama 1-3 bulan. Selain itu seluruh kesalahan dari seluruh pekerja illegal akan ditimpakan kepada yang menampung.

Tasygil: Memperkerjakan atau memberdayakan pekerja ilegal. Jenis hukumannya adalah ditahan di penampungan tarhil selama 1 bulan.

Ya’mal I’nda Ghoiri Kafiilihi: Bekerja tidak sesuai profesi sebagaimana yang tertera di Kartu Tanda Mukim (iqomah) atau bekerja bukan pada kafilnya. Contohnya: berjualan di jalanan, memungut kardus dan besi-besi bekas untuk dikomersilkan, atau menjual jasa ke jemaah umrah, seperti melayani mendorong kursi roda dan lainnya. Sanksi hukumanya adalah ditahan di penampungan tarhil selama 1 bulan.

Haj Bila Tasrih: Berhaji tanpa tasrih (surat resmi), jika tertangkap oleh pihak keamanan maka akan diminta melakukan sidik jarinya (basmah) dan dicabut Kartu Tanda Mukim (iqomah). Selanjutnya ditahan selama 6 bulan di penampungan tarhil.

Membawa Haji Ilegal: Membawa, mengemudikan atau menyediakan transportasi bagi jamaah haji ilegal (tanpa tasrih). Sanksi hukumnya adalah ditahan di penampungan tarhil selama 8 bulan. Seluruh kesalahan dan denda jemaahnya akan dilimpahkan kepada yang mengangkut/membawa jemaah haji ilegal.

Informasi ini didapatkan berdasarkan temuan-temuan Tim perlindungan KJRI Jeddah yang bertugas di Tarhil Shumaysi.

*) Sumber FB KJRI Jeddah dengan beberapa perubahan redaksi seperlunya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*