PPMI Madinah Gelar Pembekalan Pemilihan Fakultas Bagi Mahasiswa Baru

Jum’at malam, 13 Oktober 2017, bertempat di Masjid Syaikh Bin Baz Universitas Islam Madinah, PPMI Madinah menggelar acara pembekalan bagi 163 mahasiswa baru, terdiri dari kloter 1-4 yang telah tiba di Madinah. Acara ini dibuat untuk menjawab kebingungan sebagian mahasiswa baru, agar tak menyesal di kemudian hari sebab salah pilih fakultas.
.
Dimulai pukul 20:20 ba’da sholat isya, Akh Ibrohim Anas selaku MCmembuka acara. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua PPMI Madinah. Dalam sambutan singkatnya Akh Muhammad Sidqi Abdurrahman mengingatkan kepada mahasiswa baru untuk mengintrospeksi niat datang ke Madinah. “Sudah benarkah niat kita?”, tuturnya.
.
Acara dilanjutkan dengan sambutan Dewan Syuro’ Asatidz Dirosat Ulya’ (Pascasarjana) yang diwakili oleh Ustadz Iqbal Gunawan, Lc. MA. Beliau menjelaskan tujuan menuntut ilmu adalah untuk mengangkat kebodohan dari diri sendiri dan orang lain. Tak lupa peringatan bahwa orang yang tidak mengamalkan ilmunya akan diazab sebelum penyembah berhala. Beliau juga mengajak para mahasiswa baru untuk mensyukuri segala fasilitas yang ada.
.
Pembicara selanjutnya Ustadz Haris Hermawan, Lc. membawakan materi kiat-kiat dalam memilih fakultas secara global. Beliau menyampaikan 3 point utama; Pertama, mengenali keistimewaan tiap fakultas, baik dengan bertanya maupun dengan membuka web masing-masing fakultas. Kedua, mempertimbangkan kemampuan diri, minat, dan kebutuhan masyarakat. Ketiga, bermusyawarah dengan teman-teman agar setiap fakultas diisi merata berdasarkan wilayah tempat tinggal di Indonesia.
.
Setelah kiat-kiat umum, acara dilanjutkan dengan presentasi tiap fakultas secara spesifik oleh Astatidz Pascasarjana di fakultas masing-masing. Di awali oleh Ustadz Azhari, Lc. mempresentasikan fakultas Syariah, Ustadz Emha Hasan Ayatullah, Lc. MA. mempresentasikan fakultas Hadits, Ustadz Ahmad Nahidh, Lc. MA fakultas Lughoh, Ustadz Haris Hermawan, Lc. fakultas Dakwah, dan fakultas Qur’an dipresentasikan oleh Ustadz Ratimin, Lc.
.
Dalam kesempatan ini juga Departemen Pendidikan dan Dakwah PPMI Madinah yang diwakili Ustadz Ardantyo Sidohutomo mengenalkan program baru bernama “Tahrir wa Tanwir“. Fokus program ini adalah ngaji kitab dasar dari setiap cabang ilmu lalu perlahan naik ke level yang lebih tinggi. In syaa Allah pengajar akan dimintakan dari Asatidz Dirosat Ulya’.
.
Terakhir, masih dari Departemen Pendidikan dan Dakwah PPMI Madinah, Ustadz Faiz Abdillah mensosialisasikan program “Ke Harom Yuk” dengan disertai penjelasan seputar majelis ilmu yang ada di Masjid Nabawi.

Sumber: https://www.facebook.com/ppmimadinah.org/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*