Waspada Air Zam-zam Palsu

Beredar kembali potongan video penggerebakan sebuah rumah yang digunakan untuk memproduksi air zam-zam kemasan oleh kepolisian Arab Saudi. Dalam video yang berdurasi 1 menit tersebut polisi menunjukkan beberapa alat bukti dan pelakunya.

Seorang yang memberikan komentar di video tersebut menjelaskan bahwa air zam zam kemasan palsu tersebut berasal dari air keran biasa yang disaring dengan kain dan ditampung di sebuah drum besar.

Dari penampungan drum tersebut, kemudian air dikucurkan melalui keran ke botol kemasan ukuran 5 liter. Setelah botol terisi penuh, ditempeli dengan stiker kemudian dibungkus plastik yang dijilid tertutup rapi.

Setelah kemasan dalam botol dengan wrapping plastiknya, kemudian dimasukkan ke dalam kardus standar untuk dibawa ke pesawat udara.

Isu pemalsuan air zam zam ini memang sudah cukup lama terdengar dan beberapa kasusnya kerap terbongkar oleh pihak kepolisian Arab Saudi. Untuk menghindari mengonsumsi air zam zam palsu, dianjurkan untuk membeli di toko yang terpercaya. Atau jika disempatkan waktunya dapat mengambil langsung gratis ke pabrik kemasan air zam zam milik pemerintah Arab Saudi di Kudai Makkah. Alternatif lainnya, mengambil langsung dari beberapa tempat yang tersedia di sekitar Masjdil Haram Makkah.

 

Saksikan juga video pemalsuan air zam zam di Indonesia dalam liputan Indosiar di bawah ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*