Memeriksa Denda Pelanggaran Lalu Lintas

Anda pernah mendapat surat tilang dari polisi lalu lintas (murur) Arab Saudi? Berapa kira-kira denda yang harus Anda bayarkan untuk pelanggaran tersebut? Untuk mengetahui berapa reyal yang harus dibayarkan, berikut informasi singkatnya.

Cara pertama, tunggu pesan pendek (SMS) yang akan datang ke nomor HP Anda, jika mobil yang digunakan saat melanggar atas nama Anda sendiri. Jika kendaraan atas nama majikan/sponsor atau perusahaan, maka nomor HP mereka yang akan menerima berapa reyal uang denda yang harus dibayar.

Cara kedua, jika mobil yang melanggar lalu linta atas nama Anda, maka silahkan klik website Kementerin Dalam Negeri Arab Saudi. Di laman tersebut, Anda cukup diminta memasukkan nomor Kartu Mukim (iqomah) dan memasukkan kode yang diminta. Seketika akan muncul berapa reyal yang harus Anda bayarkan.

Jika tidak ada nominal reyal yang tampil di layar komputer, padahal Anda pernah mendapatkan surat pelanggaran dari murur, maka tunggu beberapa hari ke depan, biasanya update di sistem membutuhkan 2 sampai dengan 7 hari kerja.

Cara ketiga, masuk ke akun Absher Anda, kemudian pilih menu Electronic Inquiries dan pilih Traffic, kemudian klik Query Traffic Violations. Seketika akan muncul seperti cara kedua di atas.

Di Arab Saudi, pembayaran denda pelanggaran lalu lintas tidak bisa dilakukan dengan uang cash, tetapi melalui transfer via bank. Maka, setelah pasti mendapati denda uang yang harus dibayar, segera ke mesin ATM atau melalui e-banking, kemudian pilih bill pemerintah untuk pembayaran pelanggaran lalu lintas. Lunasi sebelum lewat 1 bulan dari waktu pelanggaran, karena jika tertunda melebihi 1 bulan, sanksi akan bertambah (dobel).[]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.