Memproses Visit Visa

Warga asing (ekspatriat) yang menetap di Arab Saudi kapan saja dapat dikunjungi oleh anggota keluarga lainnya yang menetap di negaranya masing-masing. Begitupula dengan warga negara Indonesia di Arab Saudi, dapat dikunjungi orang tua, anak, atau anggota keluarga lainnya dengan beberapa syarat yang ditentukan pemerintah Saudi.

Mengajukan Visit Visa

Visa kunjungan diproses secara online melalui website Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.  Pilihlah menu bahasa Inggris, jika mengalami kesulitan memahami bahasa Arab atau tidak ada yang membantu Anda dalam bahasa Arab.

Di laman berikutnya muncul dua opsi; Citizen and Resident dan Organization and Sectors. Klik kotak Citizen dan Resident untuk keperluan pribadi Anda yang berstatus warga asing yang menetap di Arab Saud (resident). Selanjutnya teruskan dengan mengklik gambar orang yang bertuliskan “resident” dan pilih Family Visit Visa Application for Residents.

Saat muncul halaman ini, dibutuhkan kemampuan memahami bahasa Arab. Karena kolom isian yang diminta semuanya berbahasa Arab. Anda bisa memintakan tolong rekan orang Arab untuk mengisi formulir online ini.

Berikut info grafis petunjuk pengisian formulir.

Setelah membuka website Kementerian Luar Negeri Arab Saudi. pilih menu Citizens and Resident sebagaiman di bawah ini

Setelah diklik, maka muncul laman sebagaimana di bawah ini, klik Family Visit Visa Application for Citizens

Mulai lama berikutnya, tampilan lamannya berbahasa Arab. Pertama kali, Anda diminta menyetujui persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Klik button uwaafiq (agree) yang berwarna hijau sebagaiman yang dilingkari di bawah ini.

Kemudian Anda diharuskan mengisi formulir berbahasa Arab seabgaiman di bawah ini. Isi kolom yang kosong sebagaimana yang diminta.

Setelah itu, diminta mengisi kolom terkait orang yang akan mengajukan visa berkunjung.

Sebelum Anda mengklik button hifdz (simpan), klik terlebih dahulu button idhofah, untuk mengisi data yang akan berkunjung lebih detail, maka akan tampil laman sebagaimana di bawah ini.

Setelah Anda isi data di atas secara lengkap, jika hanya satu orang klik button iglaq (tutup) atau idhofah (tambahkan) jika ada anggota keluarga lain yang akan memproses visa kunjungan. Setelah pengisian formulir selesai dan ditutup, maka akan tampil laman sebagaiman berikut

Jika telah muncul halaman di atas, maka selesai sudah proses pengajuan visit visa. Silahkan cetak Formulir Permohonan Kunjungan Keluarga di atas, mintakan tanda tangan dan stempel (jika Anda bekerja di perusahaan). Setelah itu, bawa ke Kamar Dagang terdekat untuk verifikasi.

Setelah mendapatkan stempel dari Kamar Dagang Arab Saudi, maka Anda diminta menunggu mulai 1 sampai 10 hari kerja, kemudian periksa kembali ke besite visa.mofa.gove.sa. Di laman web tersebut, isi kolom di menu Query (Permintaan) pilih aplikasi apa yang telah disampaikan ke Mofa dengan mengisi Nomor Permohonan, no iqomah dan nomor captcha sebagaimana tampak di gambar di bawah ini.

Jika permohonan Anda disetujui atau ditolak, akan ada keterangan yang menjelaskan dua status tersebut setelah Anda klik button Inquire seperti di atas.

10 Comments

  1. Assalamu’alaykum mau tanya,
    Bagaimana cara mendapatkan visa umroh + Ma’had lughoh?
    Barakallaahu fiyka wa jazakallaahau khaira…

    • Wa’alaikumusalam wa rohmatullohi wa barokatuhu, visa umrah harus melalui agen perjalanan umrah di Indonesia. Untuk pelajar, visa disediakan oleh pihak lembaga pendidikan yang menyediakan beasiswa atau penerima mahsiswa dari luar Arab Saudi.

  2. Assalaamu’alaikum,
    BaarakAllahu feekum untuk artikelnya. Sangat bermanfaat. Setelah permohonan disetujui, tentunya akan dilanjutkan proses pengeluaran visa tersebut di Jakarta. Mungkin Saudinesia bisa bantu memberikan informasi tentang biro-biro yang direkomendasikan untuk pengurusan hal tersebut beserta perkiraan biaya & lama pengurusannya? (Misalnya untuk visit visa single entry).
    JazaakumuAllahu khairan…

    • wa’alaikumusalam wa rohmatullohi wa barokatuhu,
      visa diurus sendiri secara online oleh pemohon yang telah menetap di Arab Saudi. Setelah disetujui dan keluar nomor visa, kirim ke keluarga atau orang yang akan berkunjung ke Arab Saudi. Kemudian ke Kedutaan Arab Saudi di Jakarta, di samping KBSA ada kantor Enjaz yang bisa menjadi biro atau agen yang bisa mengurus selanjutnya. Ada sekira 4 agen Enjaz, di antara mereka ada beda2 harga memasang tarif jasa (mulai 9.3 juta sd 10.5 juta) utk mengurusi visa. Di Enjaz tsb, ikuti permintaan persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Proses paling cepat 3 hari kerja atau paling lambat 1 minggu.

      Wa jazakumullah khaeran….

  3. assalamualaikum setelah visa ini terbit, berapa biaya yg di butuhkan untuk proses di indonesia ke enjaz terimakasih
    wassalamualaikum

    • wa’alaikumusalam wa rohmah, setiap kantor enjaz (mandub) terkadang berbeda harga tarif jasanya, silahkan piliha di antara kantor enjaz yang ada di sekitar Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta.

  4. assalamualaikum ,mau nanya setelah visa ini terbit berapa biaya yg dibutuhkan ke enjaz di indonesia terimakasih wassalamualaikum

    • wea’alaikumusalam wa rohmatullohi wa barokatuhu, bisa langsung ditanyakan ke pihak Enjaz-nya, kuatir ada perubahan2 yang belum kami tau update-nya.

      • mohon maaf pak,saya kesulitan mencari info contac ke enjaz karna keluarga saya jauh ada di lombok,kalau bisa saya minta tolong barang kali admin punya nomor atau kontak yg bisa di hubungi disalah satu enjaz
        terimakasih wassalamualaikum

      • mohon maaf pak,saya kesulitan mencari info contac ke enjaz karna keluarga saya jauh ada di lombok,kalau bisa saya minta tolong barang kali admin punya nomor atau kontak yg bisa di hubungi disalah satu enjaz ,diatas admin menyebut 9.3 sd 10,5, apakah biaya tsb sudah termasuk bayar visa yg 2000 riyal?
        terimakasih wassalamualaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*